Kolesterol adalah zat lilin yang terdapat dalam darah yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat hormon, vitamin, dan membersihkan dinding arteri. Namun, terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Pola makan yang buruk, seperti konsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula, adalah salah satu faktor utama penyebab kolesterol tinggi.

Young asian touching massaging stiff neck to relieve pain in muscles.

Makanan yang Harus Dikonsumsi untuk Menjaga Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Serat
Konsumsi makanan kaya serat, seperti buah, sayuran, dan biji-bijian, sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

Lemak Sehat
Konsumsi lemak tak jenuh ganda seperti lemak omega-3 terdapat dalam minyak ikan salmon, alpukat, atau kacang-kacangan bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL atau lebih dikenal sebagai kolesterol jahat.

Buah-buahan dan Sayuran
Sayuran hijau, seperti bayam, kale, collard greens dan brokoli memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol LDL.

Biji-bijian
Biji-bijian seperti kacang merah, kacang hitam, dan barley mengandung serat yang membantu mengurangi kolesterol jahat.

Ketogenic low carbs diet – food selection on white wooden background. Balanced healthy organic ingredients of high content of fats. Nutrition for the heart and blood vessels. Meat, fish and vegetables.


Hindari Makanan Olahan! Jika ingin menghindari kolesterol tinggi, hindari makanan siap saji, makanan olahan, makanan berlemak, fast food, kue, dan permen, yang semua akan merusak kesehatan jantung dan meningkatkan kolesterol tinggi

Penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh yang sehat. Konsumsi makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, makanan yang kaya lemak omega-3 seperti alpukat, kacang-kacangan (jangan lupa juga untuk menghindari makanan siap saji dan makanan olahan), dan berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah kadar kolesterol tinggi.

Author

Write A Comment