Menurut UU No.28 tahun 2009, kos-kosan dengan lebih dari 10 kamar masuk dalam kategori hotel sehingga dikenakan pajak hotel paling tinggi yakni sebesar 10%. Namun sekarang ada aturan baru, dimana kos-kosan tidak lagi dianggap sebagai objek barang dan jasa tertentu. Berdasar UU No.1 tahun 2022 dan mulai berlaku 5 januari 2024 maka rumah kos-kosan dibebaskan dari pajak oleh pemerintah daerah.

Karenanya investasi melalui kos-kosan bisa menjadi pilihan yang menarik, kamu bisa jadi juragan kos-kosan dimana permintaan akan tempat tinggal bagi mahasiswa, pekerja, atau penduduk setempat terus meningkat belakangan ini. Berikut beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan saat ingin memilih bisnis kos-kosan antara lain menghubungi property consultant Galaxy. Kamu bisa mendiskusikan lokasi mana yang strategis untuk dijadikan kos-kosan. Pilih lokasi yang strategis dekat dengan perguruan tinggi, kampus, atau pusat bisnis. Dekat dengan keberadaan fasilitas umum, transportasi, dan aksesibilitas dapat meningkatkan daya tarik kos-kosan.

Menjadi juragan kos-kosan 100 pintu bersama Galaxy tentunya akan diarahkan secara detail dan mendalam tentang hal-hal apa yang harus diperhatikan. Misal fasilitas dan kualitas bangunan, tak ada salahnya kamu menginvestasikan pembangunan atau pembaruan fasilitas yang dapat meningkatkan kualitas kos-kosan. Fasilitas seperti kamar mandi pribadi, akses internet cepat, dan ruang bersama yang nyaman dapat meningkatkan daya saing. Gunakan teknologi untuk meningkatkan pengalaman penghuni dan efisiensi operasional. Sistem manajemen kos-kosan berbasis digital dapat membantumu dalam manajemen penyewaan, pembayaran, dan pemeliharaan.

Pertimbangkan untuk menjadikan kos-kosan yang ramah lingkungan. Investasikan dalam energi terbarukan, sistem daur ulang, atau teknologi hemat energi. Kamu juga bisa mempertimbangkan model bisnis inovatif seperti konsep co-living atau co-working untuk menarik berbagai kelompok penyewa. Seorang juragan kos-kosan juga harus memikirkan branding dan pemasaran, kamu bisa membangun citra positif yang dapat meningkatkan daya tarik kos-kosan di mata calon penyewa. Dapat melalui video konten social media, ataupun design promosi yang menarik.

Sebelum membuat keputusan investasi, lakukan riset pasar secara menyeluruh dan pertimbangkan faktor-faktor seperti tren pasar, potensi pertumbuhan populasi, dan regulasi lokal. Dengan pendekatan yang matang, investasi dalam bisnis kos-kosan memiliki potensi untuk memberikan hasil yang menguntungkan. (AT/2024)

Author

Write A Comment