Rumah dengan ukuran terbatas di kota-kota besar memang semakin banyak dijumpai. Di kota-kota besar, lahan semakin terbatas dan mahal sehingga rumah kecil menjadi solusi untuk memanfaatkan ruang yang ada secara efisien. Rumah kecil berarti ruangan-ruangan didalamnya pun menyesuaikan termasuk ukuran dapur. Dapur adalah salah satu area yang penting didalam rumah karena tidak hanya sebagai tempat memasak namun sering kali menjadi tempat berkumpul bagi keluarga untuk makan bersama, dan menghabiskan waktu berkualitas. Ini adalah ruang di mana anggota keluarga berinteraksi dan berbagi cerita. Berikut ini ide dapur kecil dan fungsional untuk rumah dengan lahan yang terbatas :

Manfaatkan meja bar sebagai meja makan. Menggabungkan dapur dan ruang makan bisa dengan cara menambahkan meja bar yang panjang sehingga seperti meletakkan meja makan kecil di dapur. Meja bar ini juga multifungsi karena dapat digunakan sebagai meja dapur saat tidak sedang makan. Jadi, selain menghemat tempat, keberadaan meja juga tetap fungsional. Pilihlah desain dan material meja bar yang minimalis dan senada dengan penampilan dapur.

Maksimalkan penggunaan ketinggian dinding. Ruangan dapur yang luasnya terbatas, maka ketinggian ruangannya harus dimanfaatkan dengan maksimal. Ahli interior biasanya menyarankan untuk menggunakan lemari dapur dengan ketinggian mendekati langit-langit dapur untuk memaksimalkan ruang penyimpanan. Bagian paling atas bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan.

Pilih warna cerah. Sebaiknya warna dapur dicat dengan warna berani seperti merah muda lembut, kuning, dan hijau zamrud yang bisa membuat dapur kecil terlihat lebih luas. Warna-warna terang ini cocok dikombinasikan dengan meja kontemporer seperti teraso atau bahan komposit lain. Dan untuk ubin dapur kamu bisa menggunakan ubin geometris agar tampilan ruangan terlihat lebih ramping dan modern.

Pencahayaan yang terang. Dapur wajib memiliki cahaya yang cukup, karena untuk memasak tidak mungkin dalam kondisi remang-remang. Kamu bisa memasang lampu di bawah kabinet untuk menerangi area kerja dan membuat dapur terlihat lebih terang dan luas. Kamu juga bisa mewarna cat putih polos sebagai warna dasar pada seluruh permukaan dapur, kemudian memasang jendela di bagian satu atau dua sisi dinding yang menghadap ke luar rumah. Jadi, cahaya yang masuk dari jendela bisa dipantulkan dengan mudah lewat dinding putih.

Gunakan kompor listrik tanam. Memilih kompor untuk dapur mungil memang tidak mudah, tapi kamu bisa pilih kompor listrik tanam agar meja dapur makin terasa lega. Selain itu kompor kaca tanam mudah dibersihkan misal noda minyak bisa diseka menggunakan kain dan pembersih kaca.

Temukan rumah milik developer dengan dapur yang fungsional dan tetap cantik. Hubungi property consultant GALAXY untuk mewujudkan mimpimu memiliki rumah idaman. (AT/2024)

Author

Write A Comment