Bagi Anda yang memiliki kondisi finansial diatas rata-rata, investasi tidak perlu terpaku hanya di dalam negeri saja. Beberapa negara juga memiliki potensi yang baik sebut saja Singapura, Malaysia, Australia, Spanyol, Canada, Inggris, dsb.

Tak sedikit orang Indonesia yang berbondong-bondong untuk memiliki properti disana. Alasan utama mereka membeli properti disana potensi untuk meraih keuntungan dan nilai investasi properti disana yang lebih baik. Umumnya yang dibeli adalah properti jenis apartemen dan ruko atau perkantoran. Faktor lokasi yang tidak jauh dari Indonesia dengan kemiripan kultur dan budaya tidak jauh berbeda dengan di Indonesia juga menjadi pertimbangan. Pertumbuhan ekonominya yang sangat pesat ditambah lagi semakin banyak perusahaan Indonesia yang memilih berinvestasi di Singapura. Bahkan jumlah perusahaan Indonesia yang berinvestasi di Singapura lebih banyak dibandingkan perusahaan Singapura yang berinvestasi di Indonesia sehingga aliran valas lebih berpihak ke Singapura. Hal ini tentu juga bisa menjadi peluang bagi warga Indonesia untuk mengembangkan bisnis ke Singapura dengan berinvestasi dimulai dari investasi properti.

Selain Singapura dengan tinggi peminat, yang  menjadi tujuan invesatasi selanjutnya adalah Australia. Setiap tahun jumlah masyarakat Indonesia yang bersekolah di Australia terus bertambah. Dengan mempertimbangkan biaya sewa yang cukup besar dan harga unit apartemen yang tinggi, banyak yang memilih untuk membeli unit apartemen di Australia. Di Australia pajak jual beli properti untuk pembeli asing, termasuk balik nama dan sejenisnya mencapai 12%, lebih rendah dibandingkan di Singapura. Status kepemilikan apartemen di Australia bagi warga asing adalah hak milik seumur hidup sehingga bisa diwariskan. Sementara di Singapura hak guna pakai selama 99 tahun. Apabila suatu saat ada sesuatu menimpa unit apartemen yang dibeli sehingga tidak bisa ditinggali, maka sang pemilik akan mendapatkan ganti rugi. Itu artinya resiko kepemilikan aset properti di Australia relatif kecil.

Melbourne, Victoria, Australia.

Yang naik daun saat ini juga negara di kawasan Eropa yakni Spanyol. Investasi di negara ini memiliki keuntungan yakni memiliki ijin tinggal melalui Golden Visa, sehingga tidak ada minimum stay. Keuntungan Golden Visa ini adalah berlaku di 26 negara Eropa seperti Austria, Belgia, Finlandia, Jerman, Italia, Swedia, Swiss, dll. Keuntungan lainnya adalah Visa ini berlaku untuk satu keluarga termasuk suami isteri, kedua orang tua-mertua, dan semua anak dibawah 18 tahun. Dengan berinvestasi di Spanyol juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan biaya pendidikan gratis dari jenjang SD sampai SMA.

Madrid – Spain

Apabila berminat untuk berinvestasi di luar negeri, hubungi langsung konsultan properti Galaxy. Karena Galaxy memiliki divisi khusus yang menangani properti luar negeri, sehingga tak perlu repot-repot untuk melakukan riset atau persiapan segala surat-surat, karena konsultan properti Galaxy akan mengurus semuanya. (AT/2023)

Author

Write A Comment