Ikigai (Discover your purpose in life). Cari dan temukan apa yang sebenarnya menjadi tujuan dalam hidup yang terkait dengan kelebihan, minat dan kebutuhanmu di dunia ini. Resapi tujuan itu dan yakinlah bahwa apa yang diinginkan bisa dicapai sehingga hidup menjadi lebih bermakna.

Shikita ga nai (Let go of what you can not change). Terkadang kita harus menerima bahwa tidak semua hal bisa kita kontro yang bisa saja sangat menyakitkan mulai dari kehilangan pekerjaan, masalah kesehatan, kematian orang yang dicintai, dan sebagainya. Sebaiknya fokus pada hal-hal yang bisa dikendalikan dan temukan cara agar mampu terus bergerak maju.

Wabi sabi (Find Peace in imperfection). Sadarilah tidak ada yang sempurna dalam hidup ini termasuk diri sendiri dan orang disekitar kita. Sehingga tak perlu menaruh ekpektasi dan harapan yang berlebih, terimalah segala ketidaksempurnaan itu dengan damai dan lapang dada

Gaman (Preserve your dignity during tough times). Biarpun berada dalam masa yang sulit, tetap jaga dan pertahankan harga diri serta martabat. Tunjukkan bahwa dirimu bisa melalui permasalahan dengan penuh kedewasaan, kesabaran dan emosi yang stabil.

Oubaitori (Don’t compare yourself to others). Berhentilah membanding-bandingkan diri sendiri dan orang lain karena setiap individu memililki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Fokuslah pada progres yang kamu buat daripada berfokus pada membandingkan dirimu dengan orang lain.

Kaizen (Terus Berkembang). Selalu ingin berkembang dalam setiap aspek kehidupan. Meskipun perubahan kecil atau lambat tetaplah itu sebuah perubahan yang akan memiliki dampak besar di waktu yang tepat.

Shu Ha Ri (Cara berpikir dan menguasai suatu hal). Konsep ini mengajarkan tentang langkah berpikir dan menguasai suatu hal yakni : Shu -langsung belajar dari ahlinya, Ha-melakukan eksperimen/praktek, Ri-melakukan inovasi. Tiga hal ini bisa dilakukan agar hidup tidak monoton dan tidak terjebak dalam zona nyaman.

Filosofi hidup diatas dapat diterapkan dalam kehidupan, apalagi jika resolusi 2023 mu adalah ingin membuat kehidupanmu menjadi lebih baik dan bahagia.

Author

Write A Comment