Anak-anak apalagi usia dibawah 3 tahun belum memahami rasa sayang orang tua secara konkret. Mereka memahami kehadiran orang tua dan seluruh bagian rumah yang diperuntukkan baginya. Anak-anak usia batita ini banyak menghabiskan waktunya di rumah sehingga tujuan membangun rumah yang ramah anak ini adalah menciptakan ruang yang mendukung pertumbuhan mereka dengan stimulasi yang positif tentunya.

Menata rumah agar ramah anak melibatkan beberapa faktor, termasuk keamanan, kenyamanan, dan lingkungan yang mendukung perkembangan anak. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat rumah ramah anak:

Keamanan. Pastikan semua peralatan tajam atau berbahaya disimpan di tempat yang aman dan diluar jangkauan anak. Kamu bisa memasang penutup stop kontak untuk mencegah anak menyentuhnya. Sediakan pagar anak di sekitar tangga atau area berbahaya lainnya.

Organisasi Ruangan. Simpan mainan dan peralatan anak-anak di tempat yang mudah diakses oleh mereka. Tentukan area khusus untuk bermain dan belajar jika ingin membangun rumah ramah anak. Pertimbangkan penyimpanan terbuka agar anak dapat melihat dan mengakses mainan mereka dengan mudah.

Warna dan Dekorasi, Pilih warna-warna cerah dan ceria dalam dekorasi rumah yang ramah anak. Warna-warna ini dapat menciptakan lingkungan yang positif dan menyenangkan untuk anak-anak. Tambahkan elemen dekoratif seperti mural dinding atau stiker dinding yang menarik perhatian anak.

Ruangan Kreatif. Sediakan ruang kreatif untuk anak-anak, seperti meja atau sudut seni, untuk mendorong kreativitas mereka. Pertimbangkan untuk memiliki papan tulis atau dinding yang dapat mereka gambar.

Area Bermain di Luar Ruangan. Jika memungkinkan, ciptakan area bermain di luar rumah dengan mainan taman yang aman dan pastikan taman atau halaman terbebas dari benda-benda berbahaya.

Perabotan yang Aman. Pilih perabotan dengan sudut yang lembut dan aman bagi anak-anak. Pastikan bahwa perabotan seperti rak dan lemari tertanam dengan aman ke dinding untuk mencegah terjatuh. Bisa juga menggunakan bahan plastik, bahan ini punya kualitas bermacam-macam dari paling rendah sampai paling tinggi. Ciri furnitur anak berbahan plastik yang berkualitas tinggi adalah ada label tentang bahan-bahan yang digunakan. Biasanya plastik untuk furnitur anak sudah dirancang tak mengandung melanin atau zat beracun yang berbahaya bagi anak-anak.

Penerangan yang Baik. Pastikan pencahayaan yang baik di semua area, terutama di area bermain dan area kerja. Gunakan lampu yang tidak panas di area yang dapat dijangkau anak-anak.

(AT/2024)

Author

Write A Comment