Properti komersial adalah jenis properti yang digunakan untuk kegiatan bisnis atau komersial dengan tujuan menghasilkan keuntungan. Contoh dari properti komersial meliputi pusat perbelanjaan seperti mall, toko ritel, dan pusat grosir, perkantoran , hotel, penginapan, restoran, kafe, gudang untuk penyimpanan barang dan logistik, pabrik, ruko bangunan yang digunakan untuk bisnis dan juga sebagai tempat tinggal.

Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) dari Bank Indonesia menunjukkan bahwa Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan IV akhir tahun 2023 tumbuh sebesar 1,74 persen secara tahunan. Peningkatan harga dan permintaan properti serta kredit KPR di berbagai sektor, baik residensial maupun komersial, menunjukkan bahwa di 2024 investasi ruko masih. Apalagi jika piliha properti komersial itu berada di lokasi premium, seperti BSD City, Tangerang, Banten; Pakuwon Mall , Wisata Bukit Mas, Surabaya, Jawa Timur; serta Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat. Kawasan residensial di sekitar ruko yang terus berkembang menciptakan captive market besar untuk bisnis karena memiliki pasar yang jelas, baik dari penduduk lokal maupun pengunjung di luar kawasan.

Untuk daerah di Tangerang dan sekitarnya, ada The Loop BSD . The Loop BSD merupakan kawasan ruko mixed-use yang terletak di kawasan The Mozia BSD City. Lokasi strategis dan dekat dengan berbagai fasilitas umum, seperti sport club terbesar di BSD City, pusat belanja QBIG, perkantoran BCA, kawasan komersial Foresta Business Loft, Universitas Prasetiya Mulya, Sinarmas Academy, serta Nanyang School. Lalu ada Manhattan District merupakan ‘The Largest Business Epicentrum in Gading Serpong’ seluas 22 hektar yang terdiri dari area-area komersial beragam konsep yang saling terintegrasi. Dari sisi infrastruktur transportasi, memang saat ini koridor barat (Tangerang dan sekitarnya) semakin berkembang karena adanya jalan tol dan juga moda transportasi KRL. Ke depan, infrastruktur akan semakin lengkap dengan rencana pembangunan MRT jalur Cikarang-Balaraja. Sementara untuk Surabaya, ada beberapa lokasi properti komersial yang makin diminati karena lokasi cukup strategis dan memiliki potensi besar untuk bisnis. Beberapa pilihan seperti di kawasan Graha Natura, Citraland, HR.Muhammad juga di kawasan timur di sepanjang akses MERR (Middle East Ring Road).

Mengapa properti komersial sering kali dianggap sebagai pilihan investasi yang menguntungkan? Hal ini dikarenakan beberapa alasan yakni :

  • Properti komersial menawarkan stabilitas pendapatan yang lebih tinggi daripada properti residensial. Hal ini dikarenakan kontrak sewa properti komersial biasanya lebih panjang dan menyediakan arus kas yang stabil dari penyewa yang mapan. Selain itu properti komersial cenderung memiliki potensi kenaikan nilai yang signifikan seiring berjalannya waktu.
  • Properti komersial cenderung meningkat nilainya seiring berjalannya waktu, terutama jika berlokasi strategis dan terus berkembang.
  • Investasi dalam properti komersial juga memungkinkan untuk melindungi nilai aset dari inflasi. Dengan begitu, properti komersial makin diminati dan menjadi pilihan investasi yang menarik bagi banyak investor yang mencari pendapatan pasif yang stabil dan potensi pertumbuhan modal yang besar.

Nah, buat kamu yang sedang mencari properti komersial di kota-kota besar di Indonesia langsung saja hubungi property consultant Galaxy atau kantor Galaxy terdekat. (AT/2024)

Author

Write A Comment