Brosur perumahan atau iklan-iklan rumah yang berseliweran di media sosial sering menuliskan NUP, kadang ada tulisan NUP hanya Rp 5 Juta dan bisa refund. Nah buat kamu yang tidak terbiasa dengan istilah NUP, perlu mengetahui terlebih dahulu seluk beluknya. Apa yang dimaksud NUP? NUP atau Nomer Unit Pemesanan ini adalah skema pemesanan properti yang dipasarkan oleh developer.

Skema ini sebenarnya semacam market testing bagi developer, apakah unit-unit yang mereka lepas ke calon konsumen laku di pasaran. Dengan cara ini dianggap efektif untuk mengajak konsumen membeli rumah atau properti tersebut. NUP ini membuat pembelian rumah terkesan eklusif dan calon pembeli mendapatkan prioritas untuk memilih unit ketika berlangsung pemilihan unit oleh developer. NUP ini bisa dianggap sebagai periode pra launching dari unit yang dipasarkan itu. Sehingga pembeli mendapatkan jalur masuk khusus dengan bonus-bonus yang menarik lainnya ketika membeli di masa NUP.

Bagaimana cara mendapatkan NUP ini ? Kamu cukup menghubungi property consultant GALAXY yang turut memasarkan unit rumah tersebut. Lalu mentransfer uang senilai nominal NUP ke rekening kantor agen. Hindari menyetorkan uang NUP secepatnya ke rekening atas nama pribadi agen yang memasarkan. Kamu patut waspada jika ada agen yang meminta mengirim uang NUP ke rekening pribadinya. Periode transaksi NUP ini biasanya di hari dan jam khusus yang digelar oleh developer.

Konsumen bisa memilih lokasi dan tipe unit yang diinginkan ketika diadakan pemilihan unit setelah periode transaksi NUP ini. Misal preferensimu adalah rumah hadap selatan, ternyata developer hanya menyediakan 15 unit yang menghadap selatan, tentu dengan jalur NUP secepatnya ini kamu akan mendapatkan prioritas untuk memilih unit yang berada dilokasi yang diinginkan. Keuntungan lainnya adalah bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan membeli rumah ketika periode NUP. Developer-developer besar banyak yang menjalankan skema ini, dan memberikan harga yang jauh lebih murah di awal proyek daripada ketika resmi di launching. Harga rumah bisa naik seiring dengan kemajuan proyek atau semakin banyaknya unit yang terjual. Kamu bisa mengunci harga di awal sebelum ada kenaikan. Potongan harga bisa mencapai puluhan juta rupiah, bebas biaya seperti administrasi BPHTB, biaya KPR, dan sebagainya. Ada juga developer yang memberikan bonus full furnished saat konsumen membeli di periode NUP. Selain itu NUP sifatnya refundable, ketika kamu tidak jadi membeli di perumahan milik pengembang itu, maka uangmu akan dikembalikan.

Sekali lagi NUP ini adalah sistem urutan sehingga calon pembeli diprioritaskan sesuai dengan nomor urut yang diperoleh. Apabila periode ini banyak peminat, dengan skema NUP memberikan transparansi mengenai siapa yang berhak memilih unit terlebih dahulu. Karena sering terjadi pihak developer hanya memasarkan 300 unit sementara NUP mencapai 2x lipat karena banyaknya peminat. Peminat yang banyak ini dapat dikarenakan harga yang terjangkau, lokasi yang strategis, developer yang kompeten dan kualitas produk yang jaminan mutu.

Segera hubungi Property Consultant GALAXY untuk memiliki rumah impianmu, dan kamu bisa memanfaatkan skema NUP developer hingga semua promo developer bisa didapatkan. (AT/2024)

Author

Write A Comment