Menurut laporan yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) tahun lalu, pada akhir 2022 ada sekitar 125,3 juta unit di Indonesia. Selama periode 2012-2022 jumlah sepeda motor di dalam negeri sudah bertambah sekitar 48,9 juta unit atau tumbuh 64%. Angka ini sangat besar, sehingga keberadaan motor listrik sebagai pengganti motor bbm tentu makin diminati. Dan sampai 2024 ini motor listrik semakin populer sebagai alternatif kendaraan ramah lingkungan dan efisien. Menurut Asosiasi Industri Sepeda motor Listrik Indonesia (Aismoli) hingga saat ini populasi motor listrik di dalam negeri jumlahnya nyaris 75 ribu unit. Banyak model motor listrik dari anggota Aismoli telah mendapatkan subsidi pemerintah karena diproduksi secara lokal dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 40 persen. Dengan subsidi ini, setiap motor listrik bisa dibeli masyarakat dengan potongan harga Rp7 juta.

Ada sejumlah alasan kenapa masyarakat harus beralih ke motor listrik. Berikut ini antara lain alasannya:

Ramah Lingkungan. Motor listrik menghasilkan emisi yang jauh lebih rendah dibandingkan motor berbahan bakar fosil. Dengan beralih ke motor listrik, kamu dapat membantu mengurangi polusi udara dan dampak negatif terhadap lingkungan. Hal ini sangat penting dalam usaha mengatasi perubahan iklim dan menjaga kualitas udara di kota-kota besar.

Kurangi Kebisingan. Motor listrik beroperasi hampir tanpa suara dibandingkan dengan motor konvensional yang seringkali bising. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan berkendara serta mengurangi polusi suara di lingkungan sekitar.

Efisiensi Energi. Motor listrik lebih efisien dalam mengubah energi listrik menjadi tenaga gerak dibandingkan motor konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak. Efisiensi ini berarti motor listrik memerlukan lebih sedikit energi untuk menghasilkan tenaga yang sama, sehingga mengurangi konsumsi energi secara keseluruhan.

Mengurangi Ketergantungan Pada Bahan Bakar Fosil. Dengan beralih ke motor listrik, kita dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang semakin langka dan mahal. Selain itu, penggunaan listrik sebagai sumber energi memungkinkan diversifikasi sumber energi, termasuk energi terbarukan seperti matahari dan angin.

Biaya Operasional yang Lebih Rendah. Motor listrik memiliki biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan motor konvensional. Biaya pengisian daya listrik biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga bahan bakar minyak. Selain itu, motor listrik memiliki lebih sedikit komponen bergerak, sehingga membutuhkan perawatan yang lebih sedikit dan lebih murah.

Penggunaan motor listrik sebenarnya sama dengan penggunaan barang elektronik berbasis baterai yang bisa diisi ulang. Selain itu, terdapat juga proteksi motor listrik. Memilih motor listrik yang tepat adalah langkah pertama untuk memastikan keamanan. Pastikan motor listrik yang kamu beli memiliki sertifikasi dari badan standar yang terpercaya. Sertifikasi ini menjamin bahwa motor tersebut telah melewati serangkaian uji coba keamanan.

Masyarakat Indonesia juga menyukai keberadaan motor listrik yang secara visual stylish. Dengan harga Rp 3 – 5 Juta, kamu sudah bisa mendapatkan motor listrik dengan desain trendi, futuristik dan warna yang terkini yang cocok dengan mobilitas harianmu. (AT/2024)

Author

Write A Comment