Kolam renang adalah fasilitas yang banyak diinginkan baik untuk keperluan olahraga, rekreasi, maupun relaksasi. Saat ini banyak developer yang membangun rumah lengkap dengan area kolam renang didalamnya. Sehingga penghuni tidak perlu lagi ke club house untuk merasakan rekreasi dan relaksasi di rumah. Desain kolam dengan landskap yang indah dipenuhi tanaman hijau di pinggirnya, dan suara gemericik air membuat suasana rumah seperti di resort. Lalu bagaimana membangun kolam renang rumah yang ideal ? Faktor penting yang harus diperhatikan yakni soal ukuran kolam renang. Ukuran kolam renang rumah yang ideal atau tepat akan memberikan kenyamanan, efisiensi, dan tentunya memenuhi kebutuhan pemiliknya. Beberapa pertimbangan yang dapat membantu menentukan ukuran kolam renang adalah sebagai berikut :

Kolam Renang untuk Olahraga. Kolam renang yang digunakan untuk olahraga seperti berenang atau latihan renang umumnya lebih besar dan panjang. Ukuran standar kolam renang untuk keperluan olahraga biasanya memiliki panjang sekitar 25 meter (semi-olimpiade) atau 50 meter (olimpiade) dengan lebar 12,5 meter hingga 25 meter, tergantung jumlah jalur yang disediakan. Untuk kedalaman minimal 1,8 meter hingga 2 meter, terutama jika digunakan untuk menyelam atau kegiatan yang membutuhkan kedalaman lebih.

Kolam Renang Pribadi. Kolam renang pribadi di rumah biasanya lebih kecil dibandingkan kolam renang untuk olahraga. Ukuran standar untuk kolam renang pribadi berkisar antara 3 meter x 7 meter hingga 6 meter x 12 meter, tergantung pada ukuran lahan yang tersedia dan preferensi pemilik. Kedalaman ideal untuk kolam renang rekreasi atau pribadi biasanya berkisar antara 1,2 meter hingga 1,8 meter. Untuk area yang digunakan untuk berenang, bagian yang lebih dalam mungkin diperlukan, sementara untuk area bermain atau relaksasi, bagian yang lebih dangkal bisa dibuat.

Kolam Renang Anak. Untuk kolam renang anak-anak, ukuran biasanya lebih kecil dengan kedalaman yang lebih dangkal, sekitar 0,5 hingga 1 meter. Dimensi kolam anak bisa bervariasi, namun umumnya memiliki panjang 3 meter hingga 5 meter dan lebar sekitar 2 hingga 3 meter. Kolam anak umumnya memiliki kedalaman antara 0,5 meter hingga 1 meter untuk memastikan keamanan.

Faktor lain yang juga harus diperhatikan saat membuat kolam renang adalah sisi anggaran. Ukuran kolam yang lebih besar tentu memerlukan anggaran yang lebih besar, baik dalam hal konstruksi maupun perawatan jangka panjang. Biaya untuk mengisi air, pemanas, filter, dan pemeliharaan kolam juga akan lebih tinggi seiring dengan bertambahnya ukuran kolam. Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan ukuran kolam dengan anggaran yang tersedia, serta mempertimbangkan perawatan jangka panjangnya.

Kamu juga harus memperhatikan rasio panjang dan lebar kolam renang agar terlihat proporsional dan nyaman digunakan. Ukuran kolam renang rumah yang ideal tentu dengan rasio berkisar antara 2:1, di mana panjang kolam sekitar dua kali lipat dari lebarnya. Misalnya, kolam renang dengan panjang 10 meter sebaiknya memiliki lebar sekitar 5 meter. Namun, ini bukan aturan baku, karena desain dan estetika juga berperan. Kalau memiliki lahan sangat terbatas, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih bentuk kolam yang berbeda, seperti lingkaran, persegi, atau bentuk L. Jika kolam hanya akan digunakan sendiri, juga bisa mempertimbangkan model lap pool dengan ukuran yang lebih sempit, misalnya 2×8 meter, cukup sesuai dengan luasan rumah di kota jaman sekarang kan ?

Kalau kamu menginginkan rumah dilengkapi dengan kolam renang, baik itu rumah baru dari developer atau rumah second, langsung hubungi property consultant Galaxy untuk informasi lebih lanjut. (AT/2024)

Author

Write A Comment