Saat membeli rumah atau tanah kavling, biasanya diperlihatkan peta denah dari developer dimana ROW terpampang jelas, ada yang lebar 6-10 meter namun ada yang 5-6 meter. Menurut kamu cukup lebar gak sih? Mari kita baca Peraturan Menteri Negara Perumahan Rakyat No.32 tahun 2006 yang menyebutkan bahwa jalan Lokal Sekunder I harus membuhi standar lebar jalur ideal minimum untuk jalan satu jalur dengan dua lajur yakni 5,5 – 6 meter, bahu jalan 1-1,5 meter, agar bisa dilalui dengan jumlah 800-2000 kendaraan/hari.

Jalan perumahan kelas menengah atas biasanya diatas 8 meter dengan garis sempadan bangungan (GSB)  antara 3-4 meter. Bila developer mencantumkan ROW 7 meter itu berarti lebar jalan bukan 7 meter tapi yang efektif terpakai untuk melintas hanya 60%, semestara 40% untuk saluran air kanan kiri, penghijauan. Jika lebar jalan perumahan 10 meter, dan ada dua kendaraan parkir di sisi kanan dan kiri masing-masing membutuhkan ruang 1,5 meter. Maka ada cukup sisa 7 meter untuk kendaraan lain melintas. Namun jika lebar ROW hanya 5-6 meter dan kondisi semua pemilik memarkirkan kendaraannya di luar rumah, maka dapat mengganggu kelancaran kendaraan lain yang melintas.

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa ROW jalan perumahan rata-rata 5 meter, jika dikurangi ruang di sisi kiri dan kanan akan berkurang. Saat ini pihak developer membangun unit rumah dengan tetap menyediakan lahan kosong tapi seringkali pemilik rumah memanfaatkan lahan kosong itu untuk kamar, toko atau tambahan ruang lain. Sehingga mereka tidak memiliki carpot/garasi lalu memarkir mobilnya di bahu jalan. Situasi seperti ini akan membuat jalan perumahan menjadi macet. Belum lagi saat ingin memasukkan mobil mu ke carport, sementara ada tetangga depan rumah yang juga memarkir kendaraan di jalan rasanya agak jengkel. Jalan lebar gak bikin hati berdebar karena saat dua mobil berpapasan masih tersisa ruang.

Saat sejumlah pemerintah kabupaten/kota membuat Perda tentang parkir didalam perumahan tentunya ROW ini menjadi hal yang penting. Pihak developer didorong untuk menyediakan lahan jalan minimal 10 meter , karena ini juga termasuk fasilitas yang disediakan perumahan dan dicari oleh masyarakat. Rumah kecil tetap diburu jika fasilitas infrastrukturnya juga bagus, pemilik kendaraan di perumahan juga bisa melintas dengan nyaman setiap harinya.

Kalau jalan perumahan dan akses menjadi salah satu kriterimu untuk mencari rumah, segera hubungi Property Consultant Galaxy untuk menemukan rumah idamanmu atau hubungi kantor galaxy terdekat.

Author

Write A Comment