Lahan makin sempit, jumlah penduduk yang bekerja di kota karena urbanisasi makin meningkat. Solusi untuk tempat tinggal di perkotaan modern saat ini adalah rumah mungil modern (compact house). Rumah semacam ini makin populer dalam 10 tahun terakhir karena ukurannya yang juga mungil, yakni 30 – 100 meter persegi. Di negara-negara maju, daya tarik untuk hidup dalam rumah mungil ini terjadi desainnya minimalis dan ramah lingkungan.

Elon Musk seorang multimiliarder Bos Tesla menyuarakan gerakan masa depan adalah mungil. Dia menaikkan gengsi rumah mungil saat menyewa sebuah rumah mungil di Boca Chica Texas saat mengerjakan proyek SpaceX. Gaya hidup minimalis tanpa banyak barang, sehingga masa depan compact house semakin bersinar karena beberapa hal :

Integrasi Teknologi. Rumah mungil dibuat sebagai smart home. Kemajuan teknologi dan integrasinya ke dalam rumah memang menjadi tren, dan ini telah mengambil alih pasar perumahan dengan unit konvensional misal rumah susun. Teknologi pastilah menyempurnakan ruang hidup kita, mulai sistem pencahayaan yang bisa dikontrol, sampai dengan asisten kontrol suara untuk semua sistem elektronik di dalam rumah seperti televisi, pemanas air, kunci, dan sebagainya. Dalam konteks rumah mungil penerapan teknologi yang sinkron dengan sistem didalam rumah dan furniture menjadikan hidup didalam compact house menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Desain yang Berkelanjutan. Desain rumah mungil memang dirancang sedemikian rupa sehingga lebih memperhatikan lingkungan kedepannya. Panel surya untuk energi, sistem pengumpulan air yang dirancang khusus membuat rumah mungil ini beroperasi secara independen. Desain yang spesial ini sejalan dengan keinginan banyak anak muda agar meminimalkan jejak karbon dan dengan model rumah seperti ini diharapkan kehidupan ramah lingkungan dapat diterapkan dalam skala yang lebih besar.

Kehidupan Vertikal yang Inovatif. Compact house mengedepankan kehidupan vertikal yang memang sudah menjadi bahasan dan terus dieksplor para ahli arsitektur perkotaan. Dengan model vertikal ini memanfaatkan desain bertingkat dan furnitur yang juga kompak hemat ruangan dan memaksimalkan setiap meternya. Area tidur bertingkat, atau split level, meja makan dan meja tamu yang dilipat, rak didinding yang juga bisa semakin memperluas area adalah beberapa contoh memanfaatkan lahan yang terbatas. Tren rumah mungil dengan konsep compact house ini cocok untuk masyarakat urban dengan mobilitas tinggi dan mengedepankan hal fungsional.

Amerika Serikat adalah salah satu negara yang paling cepat bergerak industri rumah kecilnya. Diperkirakan 10.000 orang tinggal di tempat tinggal kecil, semakin banyak orang mendorong izin rumah kecil makin banyak area yang akan menerima. Namun yang tetap harus kamu ingat rumah model ini memang bukan rumah untuk semua orang karena dibutuhkan pengorbanan dan perubahan gaya hidup dari pemilik rumah. Kalau kamu mengingkan lahan untuk dikembangkan dengan konsep compact house dengan sustainabel environment segera hubungi Property Consultant Galaxy. (AT/2024)

Author

Write A Comment