Punya rumah untuk pulang adalah mimpi setiap orang. Apalagi jika sudah memiliki keluarga tentu ingin memberikan rumah yang layak untuk orang-orang yang disayang.

Seperti petikan sajak dari Penyair asal Yogya, yakni Joko Pinurbo, cita-cita punya rumah kadang dilatar belakangi oleh keinginan yang sederhana. Ingin sampai rumah saat senja supaya sempat minum bersama didepan jendela. Bayangkan pulang kerumah yang dibangun dari nol, dengan mengumpulkan dana dari hasil keringat sendiri. Perasaan bangga dan haru bercampur menjadi satu. Lalu apakah memungkinkan bangun rumah dari nol ? Jawabannya sangat mungkin. Membangun rumah dari nol sebenarnya adalah sebuah pengalaman yang menarik dan menantang. Hasil akhirnya akan jauh lebih memuaskan dibandingkan membeli rumah seragam yang dibangun oleh pengembang. Berikut adalah tips cara bangun rumah dari nol :

Hubungi Property Consultant GALAXY untuk Cari Lokasi. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih lokasi untuk membangun rumah. Bagi keluarga dengan penghuni berusia aktif, kedekatan dengan tempat kerja atau infrastruktur pendukung seperti pasar, sekolah, dan pusat perbelanjaan sangat penting. Di sisi lain, buat yang berusia 50 tahun ke atas, ketenangan dan keasrian lokasi menjadi pertimbangan utama. Selain itu, kamu harus pikirkan soal potensi peningkatan nilai investasi dan pertimbangkan semua faktor pendukung kebutuhan keluarga serta perkembangan lokasi di masa depan. Kalau memilih lahan di pinggiran kota pastikan akses dan infrastrukturnya, kamu tidak ingin tinggal di area yang jalannya berlubang dan susah mendapatkan air kan? Cek langsung di lokasi jangan hanya termakan oleh penjual lahan kavling. Kamu bisa menghubungi Property Consultant GALAXY untuk mengetahui tanah kavling yang dijual, diskusi soal lokasi dan sebagainya.

Siapkan Dana. Sebaiknya sediakan dana cadangan sekitar 10% dari total biaya keseluruhan saat merencanakan pembangunan rumah dari nol. Hal ini berguna untuk mengantisipasi kemungkinan kenaikan harga bahan bangunan seiring berjalannya waktu. Jika danamu terbatas namun keperluan ruangmu di rumah cukup banyak, kamu bisa memilih membangun rumah dengan konsep rumah tumbuh. Hunian ini nantinya dibangun bertahap sesuai bertambahnya jumlah anggota keluarga, sehingga anggaran dan skala prioritas sudah diperhitungkan.

Perbanyak Referensi Design. Setelah menemukan lokasi dan menyiapkan dana untuk membangun rumah, kamu perlu memperluas wawasan tentang desain bangunan, dan tren arsitektur terkini, termasuk cara konstruksinya. Kamu bisa membaca melalui browsing di internet, dan memperbanyak bacaan tentang desain terkini. Karena desain rumah itu nantinya adalah cerminan dari dirimu. Jika memang sudah dibugetkan, maka minta arsitek untuk membuat gambar rencana dan 3D model rumahmu.

Cari Arsitek dan Jasa Kontraktor. Arsitek dan kontraktor memegang peran penting dalam mewujudkan rumah impianmu. Oleh karena itu, selektiflah dalam memilih kontraktor yang andal dan dapat dipercaya. Pilihlah jasa kontraktor yang sudah terbukti keberhasilannya dan memiliki tenaga kerja terampil yang rapi serta bertanggung jawab. Portofolio hasil desain dan kerja mereka diproyek-proyek terdahulu bisa kamu lihat melalui instagram atau website. Luangkan waktu untuk menghubungi pemilik rumah atau bangunan yang pernah mereka garap. Pastikan membuat kontrak tertulis yang detail dan jelas mengenai deskripsi pekerjaan, material, waktu, biaya pembangunan rumah, dan sanksi jika pekerjaan tidak sesuai perjanjian.

Cari Tahu Bagaimana Mengurus Persetujuan Bangunan Gedung. Yang sering dilupakan ketika membangun rumah baru adalah mencari tahu soal perijinan, dulu kita mengenalnya dengan IMB. Izin bermasalah akan membawa masalah dikemudian hari sehingga mengganggu keseluruhan proses, bahkan bisa mengakibatkan kegagalan dan kerugian besar. Pastikan jalur pengurusan sesuai dengan ketentuan resmi, hindari mengambil jalan belakang ataupun mengandalkan bantuan calo.

Menghubungi Property Consultant GALAXY adalah salah satu solusi buat kamu yang ingin membangun rumah dari nol. Kamu bisa mengetahui tanah kavling dimana yang dijual, diskusi soal lokasi, harga, dan sebagainya dengan GALAXY. (AT/2024)

Author

Write A Comment