Lemari es menjadi peralatan yang hampir wajib dimiliki di setiap rumah, memberikan kenyamanan dan efisiensi dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Salah satunya untuk memperlambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme dalam makanan, sehingga makanan tetap segar dan tahan lebih lama. Dengan penggunaan lemari es tentu akan mengurangi pemborosan makanan karena dapat menyimpan sisa makanan dan bahan makanan dalam jangka waktu yang lebih lama. Tidak hanya makanan beberapa jenis obat dan produk kosmetik memerlukan penyimpanan pada suhu dingin agar tetap efektif dan aman digunakan.

Buat kamu yang sedang mencari lemari es untuk rumah barumu, berikut ini tips membeli lemari es yang berkualitas :

Perhatikan Desain. Tampilan lemari es pasti jadi pertimbanganmu saat memilih, sebaiknya pertimbangkan desain dan warna lemari es yang sesuai dengan gaya dapur. Pilih model yang tidak hanya fungsional tetapi juga menambah estetika ruangan. Jika rumahmu berdesain modern, kamu bisa memilih lemari es dengan warna netral seperti putih, hitam, atau stainless steel yang mudah dipadukan dengan berbagai gaya dapur. Begitu juga dengan material, seperti material stainless steel atau kaca tempered memberikan tampilan elegan, mewah dan mudah dibersihkan.

Kapasitas. Dalam memilih lemari es yang berkualitas faktor kapasitas juga harus diperhitungkan. Tentu kembali lagi kapasitas ini sesuai dengan kebutuhan penghuni rumah. 1 pintu atau 2 pintu, atau 4 pintu. Kalau memang area dapurmu tidak terlalu besar, maka pilihkan ukuran lemari es yang sesuai. Kamu juga harus sisakan beberapa cm pada bagian atas dan tidak mentok atau menyentuh perabot lemari atau plafon. Tujuannya adalah sebagai ventilasi kulkas. Pastikan menyisakan beberapa cm pada bagian belakang dan sisi lemari es dan sehingga tidak terlalu menempel ke dinding.

Fitur. Saat ini beragam fitur pada produk kulkas yang dipasarkan. Ada yang sudah memiliki teknologi touchscreen control panel dimana panel kontrol digital dengan layar sentuh memberikan kemudahan pengaturan suhu dan fitur lainnya. Lalu ada fitur Smart Connectivity, lemari es dengan fitur smart yang dapat terhubung ke smartphone untuk memantau dan mengontrol dari jarak jauh. Dan yang sering dijumpai adalah Automatic Water and Ice Dispenser, disini dispenser air dan es otomatis yang terintegrasi dengan filter air untuk kemudahan dan kesehatan. Banyak merk di pasaran yang menawarkan Inverter technology yakni untuk mengurangi konsumsi energi dan kebisingan dengan pengaturan kecepatan kompresor yang lebih efisien.

Untuk harga lemari es berkualitas memang cukup bervariasi dari 1 jutaan sampai ratusan juta bisa kamu temui di pasaran. Harga tertinggi adalah milik Hestan Side-by-Side. Lemari es Hestan Side-by-Side hingga kini tidak hanya kulkas termahal di dunia tetapi juga punya fitur paling lengkap. Dengan panjang 120 inchi, harganya senilai Rp844,1 juta ini juga memiliki area untuk mendinginkan wine atau anggur. Kembali lagi pada pemilik rumah, preferensi memilih lemari es tentu beragam. (AT/2024)

Author

Write A Comment