Orang sering merasa butuh healing atau liburan saat weekend karena akhir pekan dianggap sebagai waktu istirahat setelah lima hari bekerja atau menjalani rutinitas yang melelahkan. Rutinitas harian yang penuh tekanan bisa menumpuk akhibatnya stres fisik dan mental. Weekend menjadi waktu untuk menurunkan ketegangan tersebut, melepaskan beban kerja, dan merilekskan pikiran. Setelah minggu yang sibuk, tubuh dan pikiran butuh pemulihan, nah dengan kamu healing ke kawasan wisata di sekitarmu tentu membantu mengisi kembali energi agar siap menghadapi minggu berikutnya. Berikut ini rekomendasi tempat healing di Jawa Timur :

Banyuwangi. Di kota paling ujung timur Jawa Timur ini kamu bisa menemukan beberapa lokasi tempat healing. Mulai kawah ijen yang terkenal dengan blue fire, fenomena alam api biru yang menjadi daya tarik utamanya. Ada pula Pulau Merah, yang dikenal karena ada bukit hijau kecil yang menjorok ke tengah laut dan diselimuti tanah merah yang berada di dekat bibir pantai.

Malang. Di Malang ada banyak lokasi untuk wisata, bisa ke air terjun Coban Rondo dikelilingi oleh hutan pinus yang rimbun dan udara pegunungan yang sejuk. Sementara di selatan ada pantai yang sering disebut “Tanah Lot-nya Malang” karena adanya pura di atas batu karang yang mirip dengan Tanah Lot di Bali. Pantai ini tenang dan memiliki suasana alami yang cocok untuk healing.

Pacitan. Di kota asal Susilo Bambang Yudhoyono ini banyak terdapat pantai. Ada pantai Karang Bolong, dengan tebing raksasa dari karang yang tengahnya berlubang pemandangan tebing berlubang menjadi daya tarik. Ada pula Gua Gong buat kamu pencinta keindahan stalaktit dan stalakmit. Di dalam gua ada beberapa ruangan, seperti ruang kristal, bidadari, marmer, dan lain-lain.

Situbondo. Di kota yang dekat dengan Banyuwangi ini ada banyak area wisata di dalamnya, seperti Padang Savana Bekol, dan kebun binatang yang dijadikan tempat konservasi dan rekreasi alam yang menarik untuk dikunjungi. Kamu juga bisa datang ke kawasan Taman nasional yang berada di Jalan Raya Situbondo-Banyuwangi.

Lumajang. Salah satu yang terkenal di kota ini adalah air terjun tumpak sewu.  Air terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu air terjun paling keren yang ada di Indonesia. Air terjun Tumpak Sewu terletak di Desa Sidomulyo dan masih satu kecamatan dengan Air Terjun Kabut Pelangi. Air terjun setinggi 180 meter ini dihiasi tumbuhan-tumbuhan hijau yang menempel di dinding tebing yang berwarna kecokelatan.

Surabaya. Rekomendasi tempat healing di Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi adalah Surabaya. Sebagai kota metropolis, Surabaya juga banyak menyimpan wisata kota yang patut dikunjungi. Kawasan kota lama, kawasan Maspati, Mangrove Wonorejo, dan wisata kuliner di kota Pahlawan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Jawa Timur.

Weekend memberikan ruang untuk merenung dan mengevaluasi apa yang sudah dicapai serta apa yang perlu diperbaiki, memberikan perasaan kontrol terhadap hidup. Namun healing tidak selalu harus berarti liburan besar atau kegiatan yang rumit. Kadang-kadang hanya duduk santai, membaca buku, atau menghabiskan waktu bersama orang tersayang bisa menjadi bentuk healing yang efektif. (AT/2024)

Author

Write A Comment