Sebenarnya dalam perencanaan dan pembangunan sebuah rumah sehingga memilih hadap kemana sangat dipengaruhi kepercayaan budaya, kondisi iklim serta preferensi pribadi. Ada banyak pertimbangan seseorang memilih arah hadap rumah. Kadang berdasarkan kultur dari si pemilik rumah, misalnya orang jawa menyukai rumah menghadap selatan karena diyakini membawa keberuntungan untuk penghuninya. Sementara menurut Fengshui dalam budaya Cina, kalau rumah yang menghadap utara dianggap membawa keberuntungan, selaras dengan elemen air. Penghuninya akan sukses dalam karir dan bisnis, bijaksana dalam pikiran.

Kepercayaan Budaya. Kultur Cina yakni dengan konsep Feng shui, rumah menghadap selatan dapat menarik energi yang positif, serta memberikan pencahayaan alami yang baik sepanjang hari. Banyak bangunan di Asia Timur mengikuti prinsip ini karena diyakini membawa keberuntungan dan kebahagiaan bagi penghuninya. Yang menghadap timur akan merasakan energi yang segar dan seimbang, sedangkan rumah yang bagus tapi menghadap barat harus dihindari karena menerima cahaya matahari yang panas dari siang menuju sore, sehingga bisa mengganggu energi di rumah.

Pertimbangan Iklim – Geografis. Setiap wilayah memiliki kondisi cuaca yang berbeda, yang harus diperhitungkan saat memilih arah rumah. Rumah yang didaerah beriklim tropis seperti Indonesia, rumah yang menghadap utara dan timur sering dipilih. Arah ini meminimalkan paparan sinar matahari sehingga rumah terasa sejuk. Sedang untuk daerah beriklim dingin, sebaiknya menghadap selatan karena lebih banyak menerima sinar mataharii. Untuk mereka yang tinggal di pesisir penting juga memperhatikan arah angin di lokasi. Angin laut memang memberikan kesejukan sehingga rumah yang menghadap ke arah datangnya angin akan memiliki ventilasi alami.

Estetika & Kepraktisan. Banyak orang ingin rumah yang menghadap pemandangan, entah danau, atau taman. Sehingga tak mengherankan banyak perumahan yang menyediakan view danau di tengah perumahan. Unit-unit yang dijual yang menghadap persis ke danau tentu memiliki harga yang berbeda. Kemudian ada yang mempertimbangkan soal aksesibilitas, misal menghadap jalan utama.

Pertanyaan seputar rumah yang bagus menghadap kemana memang tidak memiliki jawaban tunggal. Karena setiap individu atau keluarga memiliki prioritas dan keyakinan yang berbeda. Pada akhirnya memilih arah rumah harus didasarkan pada keseimbangan antara kenyamanan pribadi, lingkungan dan kepercayaan yang dipegang.

Ingin mendapatkan rumah yang bagus menghadap selatan, utara, timur atau barat? Langsung saja hubungi property consultant Galaxy atau kantor Galaxy terdekat. (AT/2024)

Author

Write A Comment