Investasi properti adalah salah satu bentuk investasi yang memiliki nilai stabil, bahkan cenderung meningkat setiap tahun. Hal ini disebabkan oleh kenaikan harga tanah yang terus terjadi dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, investasi properti semakin diminati dan dianggap sebagai pilihan simpanan jangka panjang yang menguntungkan. Berikut ini investasi properti di 8 kota besar Indonesia yang bisa menjadi alternatifmu dalam menentukan lokasi :

SURABAYA. Di Surabaya dominasi investasi properti cukup tinggi, baru kemudian diikuti hotel dan restoran. Kota Pahlawan ini memang pilihan terbaik untuk investasi properti dikarenakan keunggulannya antara lain : pertumbuhan ekonomi yang stabil, potensi pengembangan infrastruktur yang pesat, harga properti stabil, pusat pendidikan di kawasan Indonesia timur, konektivitas dari seluruh wilayah Indonesia ada di Surabaya menjadikan kota ini sebagai pusat perdagangan dan bisnis yang ramai. Dukungan dari pemerintah kota Surabaya juga menjadi faktor penting, pemkot berkomitmen untuk menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif bagi para investor.

MALANG. Malang memang dikenal dengan pesonanya sebagai kota wisata dan pendidikan. Sekarang ini infrastrukturnya makin lengkap terutama dengan dibangunnya tol yang terkoneksi dengan jalur Surabaya dan kota-kota besar lainnya. Harga properti di Malang masih lebih murah dibandingkan di Surabaya, dimana dengan buget yang sama kamu bisa mendapatkan properti dengan luas yang lebih besar dengan lokasi yang lebih strategis. Potensi sewa juga cukup menjanjikan karena banyak kampus-kampus terkemuka disana. Banyak orang tua mahasiswa -memilih menyewakan anak-anak mereka rumah atau apartemen dibandingkan asrama kampus atau kos-kosan.

SIDOARJO. Kota ini memang dibidik untuk investasi properti sehingga tidak mengherankan jika banyak developer ternama yang membangun cluster perumahan di Sidoarjo. Walaupun status administratifnya adalah kabupaten bukan berarti kota ini terbelakang. Fasilitas publiknya lengkap seperti pusat perbelanjaan, pendidikan dan kesehatan. Sidoarjo masuk dalam jajaran kota menuju smart city Indonesia yang pembangunan infrastrukturnya makin lengkap. Terdapat tol KLBM Sidoarjo – Gresik menghubungkan Sidoarjo, Gresik, Krian, Legundi, Bunder dan Manyar.  

BALI. Sampai dengan 2024 Bali masih menjadi pilihan para investor, dan pengembang properti. Kawasan yang menarik untuk wisata dan investasi tidak hanya di area yang sudah terkenal seperti Kuta, Ubud, Sanur, Seminyak, Canggu atau Jimbaran. Namun sekarang ini mulai merambah ke bagian barat termasuk Seseh, Cemagi, Kedungu, Tabanan. Program Golden Visa yang baru diluncurkan pemerintah juga memungkinkan investor asing untuk tinggal 5-10 tahun di Indonesia.  WNA bisa membeli rumah dengan harga Rp 5 M dengan status Hak Guna Bangunan yang berlaku selama 30 tahun.

JAKARTA. Daerah Khusus Jakarta itulah status Kota Jakarta sekarang, sebagai pusat perekonomian yang tetap menawarkan peluang investasi properti. Walaupun sudah ada IKN, Jakarta tidak akan kehilangan daya tarik karena marketnya sudah ada, aktivitas bisnisnya juga tetap ada. Populasi kawasan sekitar Jabodetabek saat ini telah mencapi 30 Juta jiwa, dan jumlah inilah yang menjadi daya tarik pasar properti. Perumahan masih berkembang di sekitar Jakarta dengan prospek investasi yang masih besar.

YOGYAKARTA. Kota pelajar ini juga destinasi wisata,  dan sejak 2021 pertumbuhan kredit properti terus alami kenaikan. Sejumlah regulasi memang harus menjadi perhatian misal tentang aturan pembangunan gedung bertingkat maksimal 15 meter sehingga investor harus memperhatikan hal ini. Projek pembangunan yang terus berlangsung menjadi salah satu faktor berkembangnya kota ini, seiring dengan pertumbuhan penduduk yang meningkat. Kawasan dekat kampus juga turut menyumbang perkembangan properti di Yogya.    

SEMARANG. Kota ini penghubung kota-kota lain di Jawa dengan transportasi kereta api, dan bandara juga pelabuhan laut. Berkembang pula kawasan industrinya di sejumlah titik, dimana semakin banyak perusahaan-perusahaan seperti tekstil, dan elektronik yang beroperasi disana. Pertumbuhan kawasan industri ini juga meningkatkan pertumbuhan properti di kota Semarang. Developer besar seperti Ciputra pun membangun perumahan mewah di kota ini. Fasilitasnya sebagai kota besar juga cukup lengkap, mulai dari sekolah sampai perguruan tinggi, rumah sakit dan area komersil lainnya. Potensi wisata yang besar juga dapat mendongkrak pertumbuhan perekonomian Semarang.

BALIKPAPAN. Pembangunan IKN Nusantara memang membuat pasar properti kota Balikpapan semakin bersinar. Infrastruktur yang dibangun tentu akan semakin menarik minat investor, dimana kawasan Balikpapan memiliki basis ekonomi sebagai daerah pertambangan seperti batubara, minyak, gas, maupun perkebunan. Kebutuhan rumah para ASN yang dipindah ke IKN juga makin tinggi. Sejumlah developer ternama Indonesia telah membangun cluster perumahan untuk menyerap permintaan pasar yang terus meningkat.

Nah buat kamu yang ingin berinvestasi properti di 8 kota besar di Indonesia seperti yang sudah dijelaskan tadi, atau ingin membeli unit kantor yang dibutuhkan untuk bisnis serta ingin mencari hunian jangan ragu untuk menghubungi porperty consultant GALAXY atau hubungi kantor GALAXY terdekat. (AT/2024)

Author

Write A Comment