Makin banyak masyarakat yang ingin melakukan investasi properti karena dapat jadi langkah finansial yang cerdas dan menguntungkan jika dilakukan dengan benar. Lalu bagaimana memastikan bahwa properti yang dipilih adalah aset yang bernilai dan punya potensi memberi keuntungan jangka panjang? Kamu harus cermat sebelum investasi properti. Tidak hanya dari sisi lokasi tapi banyak hal yang harus kamu siapkan.

Pertama-tama pahami bahwa kenaikan properti sampai dengan tahun ini masih sangat signifikan, bahkan kenaikan harga rumah per tahun di kota-kota padat penduduk bisa mencapai 10%. Investasi di sektor properti ini juga diminati karena investor memiliki satu bentuk bangunan nyata-riil dimana uang yang kita miliki di investasikan pada bangunan tadi. Pergerakan nilainya juga tidak sekencang saham sehingga investasi ini sesuai bagi yang tidak ingin mendapatkan resiko tinggi.

Bagi pemula di dunia investasi properti, yang perlu diperhatikan antara lain :

Tujuan dari berinvestasi ini. Apakah ingin dapat aliran passive income, dapat keuntungan dari kenaikan nilai properti, atau ingin keduanya ? Tujuanmu yang jelas ini membimbing kamu dalam ambil keputusan investasi. Misal, baiklah saya akan beli rumah tapak karena rumah tapak/landed ini nilai investasinya cenderung lebih tinggi dibandingkan jenis properti lainnya. Atau kamu pilih apartemen aja karena ingin buka persewaan kamar apartemen di dekat kampus di Surabaya timur.

Buat Budgeting. Membuat anggaran yang cermat karena dana yang kamu harus siapkan tidak hanya sebesar harga properti tapi juga ada biaya-biaya lain.

Pertimbangkan Lokasi. Lokasi yang tepat akan berpotensi kenaikan nilai properti dimasa depan. Kamu harus melihat lokasi  itu punya potensi pertumbuhan dan perkembangan yang baik atau tidak. Cari tahu soal rencana pengembangan daerah tersebut ke depan.

Riset . Riset yang mendalam ini tidak hanya membeli rumah baru developer tapi juga ketika membeli rumah second. Kalau membeli rumah baru dari developer pastikan dari developer yang terpercaya. Cek portofolio mereka, sudah buat proyek dimana saja. Sertifikat yang diberikan apakah SHM atau SHGB. Untuk sertifikat jangan sampai bodong, bisa cek di applikasi BPN – sentuh tanahku. Cek data diri penjual apalakah sesuai dengan nama disertifikat. Fasilitas-fasilitas yang dibangun apa sudah sesuai dengan iklan mereka. Untuk akses menuju lokasi apakah aman dari banjir, jalan mulus tidak berlubang, aliran listrik dan air sudah beres, bagaimana keamanan disekitar area perumahan,  dst.

Cek PBB dan nilai NJOP nya untuk tahu pasaran harga, Cek apakah ada tunggakan pembayaran telepon, listrik, air, iuran RT, PBB tahun berjalan. Beli rumah baru atau lama kamu juga wajib memeriksa kualitas bangunan, ada retak rambut di dinding kah, apakah ada tembok yang berjamur, plafon bekas bocor, pipa bocor,

Hubungi property consultant GALAXY adalah langkah tepat dan cermat investasi properti. GALAXY membantu masyarakat baik end user maupun kelompok investor untuk mendapatkan properti yang dinginkan. Melalui pengalaman dan jam terbang yang tinggi dalam menerapkan prosedur pemilihan lokasi tempat properti, insting dan keputusan ahli tentu lebih bisa percaya. Secara waktu tentu lebih efektif dan efisien. Menemukan properti yang harganya lebih rendah dari nilai pasar misalnya, dengan membandingkan harga properti dengan properti lainnya yang sejenis bisa menjadi tugas kami para property consultant. (AT/2024)

Author

Write A Comment