Prediksi tren warna setiap tahunnya selalu menyertakan warna-warna terang didalam listnya. Namun tidak semua developer atau pengembang menggunakan tren warna di tahun tersebut untuk unit perumahan yang sedang mereka launching. Karena semua kembali pada selera pasar. Saat ini warna yang disukai pasar masih diseputaran warna-warna bernuansa earth tone. Sehingga tidak heran untuk fasad banyak yang bermain di warna cream, putih, cokelat sage green, abu, dst. Sementara untuk interior lebih playful, karena warna-warna terang dapat ditampilkan dengan lebih leluasa untuk mempercantik ruangan.

Untuk warna fasad yang terang dapat membuat rumahmu tampak lebih menarik dan menyambut. Warna-warna seperti putih, krem, atau pastel dapat memberikan tampilan yang bersih, modern, dan segar. Rumah dengan fasad yang terang sering kali terlihat lebih cerah dan hidup, membuatnya menonjol di lingkungan sekitar. Rumah dengan fasad yang terang sering kali dianggap lebih menarik oleh pembeli potensial. Tampilan yang cerah dan bersih dapat meningkatkan daya tarik pasar rumah Anda, yang pada gilirannya dapat meningkatkan nilai properti. Warna fasad yang terang dapat memberikan kesan bahwa rumah tersebut terawat dengan baik dan modern.

Pernahkah kamu membayangkan cat rumahmu berwarna terang? Entah merah, biru atau nuansa kuning. Kalau kita menengok ke negara Swedia, rumah-rumah disana banyak berwarna merah mereka menyebutnya dengan warna merah falu. Warna ini sudah ada sejak abad ke-18, dimana warna ini digunakan untuk mengecat atap rumah. Warna merah falu pertama kali muncul sebagai produk pertambangan tembaga. Warna merah falu sempat populer karena membuat bangunan mirip dengan rumah-rumah Eropa yang terbuat dari batu bata merah. Dimana saat itu rumah berdinding batu bata merah hanya dimiliki oleh kaum kaya.

Warna merah dikenal sebagai warna yang penuh energi dan semangat. Ruangan yang dicat merah dapat memberikan dorongan energi dan meningkatkan adrenalin, menjadikannya pilihan yang baik untuk ruangan di mana aktivitas yang dinamis terjadi, seperti ruang olahraga atau ruang bermain. Merah juga dikenal sebagai warna yang hangat dan bisa menciptakan suasana yang akrab dan nyaman. Ruangan dengan dinding merah dapat memberikan perasaan hangat dan mengundang, yang cocok untuk ruang keluarga atau ruang makan, di mana interaksi sosial dan kebersamaan sering terjadi.

Yang termasuk warna terang juga warna biru. Biru ini warna klasik yang punya kesan bersahaja memiliki efek menenangkan ketika digunakan dalam desain interior. Kalian ingat dengan Santorini di Yunani ? Bangunannya banyak didominasi warna putih dan biru yang menampilkan pemandangan kontras dengan Laut Mediterania. Menurut kepercayaan tradisional mereka, warna biru mewakili langit dan laut, sedangkan warna putih melambangkan kebersihan dan keanggunan. Kombinasi kedua warna ini menciptakan kontras yang memukau dan menggambarkan keindahan alam Yunani.

Biru muda dengan kombinasi warna kayu memang akan ciptakan kontras yang menarik. Cat rumah warna terang seperti biru muda dengan ditambah furniture kayu warna alami atau aksen kayu pada dekorasi dapat memberikan keseimbangan antara kelembutan biru muda dan kehangatan nuansa alam. Melalui kombinasi ini, ruangan tidak hanya terasa hangat tetapi juga memberikan sentuhan modern pada estetika kayu. Jika diaplikasikan di rumah dengan fasad modern juga masih sesuai, apalagi dengan cuaca tropis negara kita. Cat rumah dengan warna terang akan semakin membuat rumahmu terlihat elegan dan stylish.

Menggunakan warna terang untuk fasad rumah menawarkan berbagai keuntungan dari segi estetika, ekonomi, dan kenyamanan. Warna terang dapat meningkatkan daya tarik visual, memantulkan panas, meningkatkan nilai properti, dan memberikan kesan luas serta bersih. Selain itu, warna fasad yang terang memberikan fleksibilitas dalam desain lanskap dan menyelaraskan dengan berbagai jenis lingkungan. Jika kamu mempertimbangkan untuk mengecat ulang fasad rumah, warna terang bisa menjadi pilihan yang cerdas dan menguntungkan. (AT/2024)


Author

Write A Comment