Perumahan elite adalah kawasan hunian yang dirancang untuk kalangan atas atau golongan masyarakat dengan status sosial dan ekonomi tinggi. Perumahan elite biasanya menjadi pilihan bagi mereka yang mencari kenyamanan, prestise, dan lingkungan eksklusif. Terletak di area yang bergengsi atau dekat dengan pusat kota dan fasilitas umum penting. Dilengkapi dengan fasilitas premium seperti keamanan 24 jam, clubhouse, kolam renang, gym, dan taman yang luas. Area ini sering kali memiliki taman yang indah, lanskap yang dirawat dengan baik, dan lingkungan yang bersih serta tenang. Berikut ini rekomendasi 7 perumahan elite di Sidoarjo, kawasan dekat Surabaya yang terus berkembang dan jadi pilihan banyak kaum pekerja :

Citra Harmoni. Perumahan yang diusung developer yang sudah tidak perlu diragukan karena sudah terpercaya dan selalu menghadirkan desain yang terkini dengan fasilitas terbaik. Citra Harmoni yang terletak di Krian ini adalah kawasan hunian untuk relaksasi, dilengkapi bangungan komersial, dan ruang hijau terbuka yang mencitrakan atmosfer yang kaya dan menenangkan. Para penghuni jika ingin berolahraga dan bermain, tersedia fasilitas jogging track, lapangan basket dan tenis bagi seluruh penghuni perumahan. Untuk memberi rasa aman bagi penghuni, masing-masing rumah dilengkapi kartu akses dan setiap cluster mempunyai fasilitas one gate system. Citra Harmoni Residence turut dilengkapi fasilitas lain berupa taman hijau, tempat ibadah meliputi masjid dan gereja, klinik, area komersial, ATM Center, dan restoran cepat saji. Rata-rata rumah di kawasan ini didesain modern dan elegan, menggunakan cat eksterior berwarna putih dan abu-abu. Harga mulai dari Rp 883 Juta.

Citra Garden. Ciputra Grup juga memiliki kawasan residensial lainnya di Sidoarjo, yakni kawasan modern berkonsep prominent residence at city center di lokasi terbaik di Kota Sidoarjo. Citra Garden dilengkapi dengan gerbang tersendiri yang menambah privasi bagi penghuni. Untuk fasilitas didalam perumahan seperti utilitas listrik, air, dan telekomunikasi berada di bawah tanah. Kawasan ini juga dilengkapi dengan Smart Home System. Satu-satunya perumahan yang mempunyai 3 Danau dengan luas sekitar 20.000 m². Salah satu Residensial yang memiliki sarana rekreasi berupa danau dengan banyak ruang terbuka hijau, lanskap yang asri. Desain unit Veranda misalnya mengusung desain Modern Colonial Revival yang merupakan versi modern dari desain kolonial Amerika Klasik dengan nuansa artsy. Sentuhan gaya khas kolonial bisa membuat tampilan rumah jadi lebih unik namun tetap terkesan elegan. Harga unit Citra Garden paling murah sekitar Rp 700 Jutaan.

Skyville Residence. Berdiri di atas lahan seluas 10 hektare, Skyville Residence dilengkapi fasilitas taman sebagai ruang terbuka hijau. Semua unit yang dikembangkan di desain dengan konsep modern minimalis, serta menggunakan material berkualitas prima. Unit rumah di sini memiliki banyak ventilasi dan jendela, sehingga menghadirkan udara sejuk dan pencahayaan alami yang melimpah ke dalam rumah. Interiornya kompak dan memanfaatkan lantai dua secara maksimal. Peluang investasi yang besar di masa depan, dengan fasilitas tempat hiburan dan area komersial yang lengkap. Perumahan elite di Sidoarjo ini terhitung ramah anakkarena ada fasilitas area bermain untuk sang buah hati. Skyville Residence memiliki berbagai fasilitas lainnya seperti waterfront ecosystem, clubhouse, dan multifunction area. Harga rumah termurah di kisaran Rp 500 Jutaan,

The Jivana Homes. Berada di lokasi strategis jalan utama Raya Tebel, Gedangan, Sidoarjo yang sangat mudah diakses dengan waktu tempuh hanya 10 menit dari jalur utama Surabaya, Jl. A. Yani. Lokasi ini memiliki kemudahan akses dari dan menuju jalan Tol Waru yang merupakan pusat berbagai akses jalan Tol, antara lain Tol Satelit Surabaya, Tol Gempol dan Tol Bandara Juanda. Mengusung konsep arsitektur baru yang disebut sebagai Sustainable Architecture. Konsep ini adalah jawaban atas trend hunian urban yang dibutuhkan saat ini, yaitu kebutuhan akan kehidupan otentik sesungguhnya yang bersinergi dengan lingkungan sekitar secara alami, dimana kealamian ini sudah semakin luntur dalam kehidupan modern saat ini. Konsep perumahan hijau ini akan menciptakan hubungan yang akrab dan hangat antara penghuni dengan semua elemen lingkungan hidup yang disediakan dalam fasilitas umum. Unit-unit rumah dengan desain Japandi, dan pembagian ruangan yang fungsional dan kompak menjadikan The Jivanna Homes cocok untuk keluarga muda yang dinamis. Harga unit ditawarkan mulai dari Rp 1 Miliar.

Shoji Land . Perumahan ini merupakan satu-satunya perumahan di Sidoarjo yang menampilkan hunian ala Jepang. Lingkungan dan gaya hidup yang tak hanya modern, tapi juga terasa menenangkan. Nuansa Jepang diwujudkan dalam desain rumah-rumah juga pada beragam fasilitas modern yang bisa dilihat dalam kompleks seperti kolam koi, Zen garden, dan Japanese food market. Berada di area strategis, tepatnya di titik nol Jalur Lingkar Barat Sidoarjo. Perumahan bergaya Jepang ini dikembangkan oleh Podo Joyo Masyhur yang telah berpengalaman mengembangkan real estat sejak 1982. Ada sekitar 33 fasilitas yang disediakan Authentic Japanese town hall, Scenic garden, Laundromat, Praying area, Climbing wall, BBQ & Picnic area. Untuk tipe terkecil berukuran 7×13 meter persegi dijual dengan harga mulai Rp 700 Juta.

Central Park Juanda. Cluster The South Harga rumah di Central Park Juanda mulai Rp 1,13 M⎼Rp 3,11 M. Hunian elit paling dekat Bandara Juanda. Tempat tinggal dengan suasana hidup dan desain modern kontemporer yang indah. Penghuni dapat menikmati fasilitas sarana olahraga, ada lapangan basket, gym area dan jogging track dan terdapat sarana bermain di luar ruangan untuk anak-anak berupa playground. Selain itu, terdapat barbeque party area berkumpul seru dengan orang-orang terdekat. Fasilitas keamanan pun ketat, sehingga penghuni perumahan Central Park Juanda bisa tinggal dengan aman, serta nyaman berkat sistem underground cabling. Setiap detail desain rumah di The South Central Park Juanda sangat cantik, perancangnya adalah Muhammad Sagitha, seorang arsitek yang telah memenangkan berbagai award di tingkat nasional dan Asia.

Puri Surya Jaya. Puri Surya Jaya mulai dikembangkan sejak 1997 di wilayah Gedangan, Sidoarjo. Taman Paris adalah nama cluster pertama yang dibuat oleh Jayaland, developer nasional. Saat ini, ada sekitar 1800 kepala keluarga yang telah menghuni kawasan ini. Selain nilai investasi yang terus melejit, konsep desain arsitektur minimalis modern menjadikan setiap cluster di Puri Surya Jaya menjadi pilihan masyarakat. Sebagai salah satu perumahan elite di Sidoarjo, Puri Surya Jaya saat ini lingkungannya memang sudah jadi. Berbagai fasilitas transportasi umum mengelilingi areal ini, mulai dari terminal, stasiun sampai dengan bandara. Belum lagi fasilitas kesehatan yang mudah diakses, dekat dengan pusat perbelanjaan dan sekolah. Didalam kawaan Puri Surya Jaya terdapat kolam renang yang dirancang untuk keluarga, dari usia anak hingga remaja. Splash Waterpark ini terdiri dari 2 kolam diantaranya kolam anak, dan kolam dewasa. Dengan dilengkapi dengan taman bermain untuk anak-anak, tempat ini bisa menjadi alternatif wisata sekitar area sidoarjo. Sementara harga rumah mulai dari Rp 500 Jutaan, untuk cluster Surya Breeze di lokasi terdepan.

Sidoarjo memang berkembang dengan pesat, sebagai kota penyangga bagi Surabaya. Industri skala besar tumbuh pesat di kota ini sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dan kependudukan di Sidoarjo. Mulai dari industri makanan dan minuman, tekstil, manufaktur, kimia, otomotif, elektronik, kerajinan, hingga konstruksi. (AT/2024)

Author

Write A Comment