Kamu sering nemuin promosi iklan rumah DP 0%? Itu beneran ada gak sih? Atau emang cuma gimmick marketing buat ngerayu-ngerayu aja?

Nah menurut Kennard Nugraha CEO GALAXY Property, biasanya pihak developer akan bekerja sama dengan perbankan. “Developer setuju untuk menanggung biaya DP bagi pembeli. Jadi konsumen hanya perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku aja”, jelas Kennard.

Tujuan dari DP 0% ini memang sederhana yaitu ingin membuat masyarakat yang sebelumnya sulit untuk mengumpulkan DP karena nominalnya besar, sekarang bisa mudah punya rumah sendiri. Masyarakat makin banyak yang bisa punya rumah lebih cepat tidak perlu menunggu lama. Mereka dapat langsung move-in tanpa harus khawatir soal DP.

Saat ini, banyak developer dan bank menawarkan KPR dengan DP 0%. Kebijakan ini berasal dari keputusan Bank Indonesia (BI) yang melanjutkan relaksasi rasio Loan to Value/Financing to Value (LTV/FTV) hingga maksimal 100 %. Namun, ketentuan DP 0% ini hanya berlaku bagi bank yang memiliki rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL) dan rasio pembiayaan bermasalah (non-performing financing/NPF) tertentu. Rasio kredit bermasalah (NPL) merujuk pada kredit yang tidak berjalan atau macet, sementara rasio pembiayaan bermasalah (NPF) merupakan instrumen penilaian kinerja bank syariah dalam menilai aktiva produk. Dengan adanya kebijakan ini, calon debitur tidak perlu membayar uang muka untuk memanfaatkan fasilitas KPR.

Selain untuk rumah, DP KPR 0 persen ini juga berlaku untuk pembelian rumah susun, rumah toko (ruko), rumah kantor (rukan), dan properti lainnya. Masyarakat dapat memilih tenor kredit yang tepat karena jangka waktu cicilan bisa 10 sampai 30 tahun. Pilih tenor yang sesuai dengan kemampuan finansial kalian supaya cicilan bulanan terasa lebih ringan dan terjangkau. Kamu bisa lebih fleksibel dalam mengatur keuangan dan tetap menikmati kualitas hidup yang baik. Dengan rumah DP 0% ini memperluas akses kepemilikan rumah kepada lebih banyak orang terutama ke generasi muda atau mereka dengan pendapatan terbatas.

Jadi kalau kalian lagi nyari rumah, jangan lewatkan kesempatan DP 0% ini. Hubungi GALAXY dan temukan beragam rumah murah dengan cicilan KPR yang terjangkau. (AT/2024)

Author

Write A Comment