Mengutip data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) tahun 2023 lalu ada sekitar 11,5 juta investor individual yang berada di pasar modal Indonesia. Dan 57,04 % diantaranya adalah mereka yang berusia dibawah 30 tahun, dan sekitar 23,27% investor berada di usia 31-40 tahun. Data ini menunjukkan investor pasar modal nasional didominasi oleh generasi Z dan generasi milenial. Akan tetapi dari sekian banyak instrumen investasi di properti masih rendah dibandingkan investasi di pasar modal.

Mengapa anak muda ini belum berani investasi properti karena sejumlah alasan, antara lain tidak tahu caranya, menganggap resiko terlalu besar, dan membutuhkan biaya besar. Padahal jika anak muda ini mengetahui investasi properti di usia muda adalah sangat menguntungkan, karena potensi kenaikan harga properti bisa berkisar 5-10% per tahun, tergantung kematangan kawasan tempat properti itu berdiri.

Kennard Nugraha, CEO GALAXY Property mengungkapkan bahwa kelompok anak muda yang mulai berinvestasi di sektor properti ini biasanya membeli properti untuk dijadikan tempat usaha. Sehingga tidak mengherankan kalau banyak developer mengembangkan SOHO dan Ruko dengan konsep kantor dan bisnis, misal lantai 2 untuk kantor dan lantai 1 untuk bisnis yang berbeda misalnya cafe. Sementara itu menurut Kennard, investasi properti di usia muda tidak usah ditunda-tunda. Karenanya anak muda harus teredukasi pentingnya memiliki hunian atau properti dan properti berpeluang mendapatkan keuntungan investasi.

Bagaimana cara mengedukasi diri untuk investasi properti sejak muda ? Kamu bisa memulainya dengan cara berkumpul dengan para investor properti yang sudah sukses. Lingkungan punya mindset untuk membentukmu menyiapkan rencana investasi. Salah satu cara adalah dengan menjadi property consultant di GALAXY, karena kamu akan melihat dan belajar langsung dari ahlinya. Termasuk dari praktisi yang sudah terbiasa memasarkan properti dan juga mereka yang berinvestasi properti mulai dari rumah, apartemen, ruko, tanah, dsb. Kamu bisa bergabung sekarang juga di GALAXY dengan klik join.

Selain itu kamu harus membuat rencana investasi properti sejak awal, kamu juga harus punya tujuan yang jelas, sehingga membimbing kamu dalam ambil keputusan investasi. Apakah kamu akan membeli rumah tapak lebih dulu karena rumah tapak ini nilai investasinya cenderung lebih tinggi dibandingkan jenis properti lainnya atau kamu memilih apartemen saja karena ingin menyewakan apartemen di dekat kampus di Surabaya timur. Atau bisa jadi memlilih tanah kavling untuk dibangun kos-kosan 12 pintu di kawasan dekat kampus.

Rencana investasimu tentunya juga terkait budgeting, lokasi investasi properti, dan riset yang mendalam untuk mendapatkan investasi yang pas. Jangan ragu menghubungi property consultant Galaxy di seluruh kantor Galaxy di Indonesia. Kami siap membantu kamu untuk mendapatkan properti yang terbaik. (AT/2024)

Author

Write A Comment