Penjualan apartemen di Surabaya masih banyak didominasi oleh penjualan di Surabaya barat. Semester ini menunjukkan peningkatan yang terbatas akan kinerja penjualan terutama setelah pilpres februari lalu diikuti banyaknya libur sampai dengan lebaran. Tingkat penyerapan selama semester 1 ini menunjukkan kinerja yang relatif tenang. Mengutip data Colliers Indonesia, secara geografis Surabaya barat memiliki permintaan tertinggi yakni mencapai 80%. Sebagian besar pada proyek Pakuwon baik yang sudah ada maupun yang sedang proses pembangunan.

Apartemen di Surabaya masih banyak peminat juga dikarenakan menawarkan konsep one stop living . Hal ini memang menjadi salah satu daya tarik dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli apartemen. Sehingga tidak heran apartemen di barat yang satu kawasan dengan Mall menjadi sangat diminati. Konsep Mixed-Used yang menjadi trend sekarang ini menggabungkan antara tempat tinggal, bisnis, dan rekreasi. Di kompleks konsep ini, apartemen bisa di huni, menjadi tempat kerja, perbelanjaan, dan menikmati hiburan. Konsep ini juga menggabungkan semuanya dalam satu lokasi yang terintegrasi, dengan gaya hidup yang efisien dan semua serba ada.

Demikian pula dengan konsumen ekspatriat di Surabaya, terjadi pergeseran preferensi. Kalau dulu menyukai lokasi yang tenang dan tidak ramai, namun sekarang ini mereka juga menyukai yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan lapangan golf. Pergeseran ini meningkatkan permintaan akan kenyamanan dan akses terhadap aktivitas rekreasi para ekpatriat di Surabaya. Para kelompok investor yang paham belum dengan karakter ekpatriat ini, justru semakin mengincar sejumlah unit apartemen di kawasan yang berdekatan dengan lapangan golf, seperti Graha Golf, Adiwangsa, Anderson Tanglin, dan Puncak Bukit Golf.

Untuk harga apartemen di Surabaya memang sedikit alami kenaikan, developer melakukannya namun tetap stabil di Rp 22,3 juta per meter persegi. Seperti di Salah satu apartemen kawasan Jagir Wonokromo, Klaska Residence. Harga cash mulai dari Rp 500 juta sampai Rp 1 Miliar, sudah fully furnished dan lengkap dengan fasilitas pendukung bagi penghuni. Mulai dari security, outdoor poolmovie room, taman bermain, gym, mini market dan masih banyak lainnya yang bisa didapatkan ketika tinggal di apartemen ini. 

Diperkirakan pada akhir tahun 2025 nanti akan ada 5009 unit yang rampung dan 42% diantaranya berada di area Surabaya selatan. Diikuti oleh Surabaya barat sebesar 36%, Surabaya timur 14% dan Surabaya pusat sebesar 8%. Yang harus kamu ingat adalah apartemen di Surabaya yang masih banyak peminat sering kali berada di lingkungan yang tengah berkembang, sehingga menawarkan berbagai peluang dan potensi pertumbuhan. Lingkungan yang hidup dengan berbagai fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, restoran, dan taman, dapat meningkatkan nilai propertimu dan membuatnya lebih menarik bagi penyewa. Selain itu, dengan berinvestasi dalam apartemen di daerah yang sedang berkembang, kamu bisa mengambil manfaat dari pertumbuhan ekonomi dan kenaikan nilai properti yang potensial. Hubungi property consultant Galaxy untuk informasi lebih lanjut. (AT/2024)

Author

Write A Comment