Kesehatan mental di tempat kerja adalah isu yang semakin mendapat perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Bulan oktober ini hari Kesehatan Mental dunia diperingati pada tanggal 10 Oktober 2024, dan tema besar kali ini adalah soal kesehatan mental di tempat kerja. Di era modern ini, pekerjaan seringkali menuntut waktu, energi, dan perhatian yang lebih besar, sehingga tekanan di tempat kerja bisa mempengaruhi kesehatan mental karyawan. Stres, kecemasan, dan bahkan burnout (kelelahan mental dan fisik yang ekstrem) sering kali muncul sebagai akibat dari beban kerja yang berlebihan, tuntutan tinggi, dan kurangnya dukungan yang memadai.  

Man-made diseases, penyakit yang disebabkan karena bekerja ini sangat bervariasi, tidak hanya soal depresi dan anxiety saja yang muncul namun juga berujung pada gejala fisik yang terlihat dengan jelas mulai sakit kepala, lambung, tremor, tekanan darah tinggi dan sebagainya. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan mental di tempat kerja, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan :

Tetapkan Batasan antara Pribadi & Kerja. Penting untuk memisahkan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Cobalah untuk tidak membawa pekerjaan ke luar jam kerja, seperti tidak memeriksa email kantor setelah jam kerja berakhir. Tetapkan batas waktu yang jelas agar kamu bisa fokus pada diri sendiri dan aktivitas di luar pekerjaan. Jikakamu sedang healing dan mengambil cuti atau libur, belajarlah untuk tidak memikirkan pekerjaan.

Istirahat secara teratur. Mengambil jeda singkat sepanjang hari sangat penting untuk meremajakan pikiran. Berdirilah, berjalan-jalan sebentar, atau lakukan peregangan agar tubuh tetap aktif. Bahkan istirahat singkat bisa membantu meredakan stres dan meningkatkan fokus.

Bangun Komunikasi Yang Terbuka. Jangan ragu untuk berbicara dengan atasan atau rekan kerja jika merasa tertekan atau memiliki masalah. Diskusi terbuka bisa mencegah terjadinya masalah yang lebih besar. Ketika merasa ada beban yang terlalu besar, ajukan permintaan bantuan atau saran.

Jangan Membandingkan Diri. Cara menjaga kesehatan mental di tempat kerja, adalah tidak membanding-bandingkan dirimu dengan rekanmu. Dalam lingkungan kerja, sering kali kita membandingkan diri dengan rekan kerja terkait perjalanan karier dan pencapaian. Hal ini dapat menimbulkan rasa rendah diri dan ketidakbahagiaan. Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan, hampir setengah dari karyawan merasa kesehatan mental mereka terganggu akibat membandingkan diri dengan rekan kerja. Nah, hindarilah kebiasaan tersebut untuk menghindari munculnya perasaan negatif yang bisa memengaruhi kesehatan mental. 

Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Nyaman. Atur meja kerja agar lebih nyaman dan teratur. Ruang kantor modern, bersih dan rapi bisa mengurangi stres dan membuat lebih fokus. Tambahkan elemen yang mendukung kenyamanan seperti tanaman kecil atau foto yang membuat suasana hati lebih baik. Sepakati dengan atasan untuk memberikan ruang khusus untuk olahraga, ruang untuk games, pantry yang cozy seperti layaknya cafe.

Kenali Tanda Stres. Penting untuk mengenali tanda-tanda stres sebelum masalah menjadi lebih besar. Gejala seperti kecemasan berlebih, sulit tidur, kelelahan yang ekstrem, atau perasaan marah dan frustasi mungkin menandakan kalau kamu sedang terbebani. Jika merasakan tanda-tanda ini, segera ambil langkah untuk beristirahat atau mencari dukungan. (AT/2024)

Author

Write A Comment